Kamis, 02 April 2020

VENDOR PERNIKAHAN REKOMENDASI DI BANDUNG (PART 1)

VENDOR PERNIKAHAN REKOMENDASI DI BANDUNG (PART 1)


Eh wait… Kok nikah sih? Yess pada awalnya aku bakal bahas tentang eat, travel, and sleep but I want my first article about journey to finding the right vendors for my wedding at  March 2019 . Jadi harusnya sih masih nyambung ya kan, masih satu tema tentang perjalanan. Hehehe. Semoga aja tulisan aku kali ini bisa jadi pilihan calon pengantin yang lagi mencari vendor pernikahan  di Bandung.. 

Oke Let’s get started our journey, guys…


-CINCIN NIKAH

cincin
First thing first, cincin. Cincin nikah bisa jadi dari cincin saat lamaran tapi ada juga yang ingin punya 2. Well, makannya Itu dibalikin ke setiap pasangan maunya seperti apa. Aku sih emang mau mutusin satu aja biar simple dan ga usah ribet cari sana sini lagi. Carinya di mana nih?Bandung?Gak.. Kebetulan aku tinggal di Jakarta jadi lebih gampang nyarinya aja. Ada banyak pilihan seperti  di CIKINI GOLD CENTER atau BLOK M misalnya. Sisanya sih harus kita usaha cari dari satu toko ke toko lain untuk ngebandingin desain cincin yang buanyaak banget. Dari harga juga ada yang murah sampai ke yang mahal ada semua. Mau pake berlian atau gak tinggal sesuaikan budget aja yah. Hmm kalo aku sih dapat cincin yang pas buat kita ada di Blok M tepatnya di toko Mas Kaliem. Siapa tau kan ada yang nyari di Jakarta juga hehehe

-VENUE

Venue adalah hal pertama yang kucari. Kenapa?soalnya was-was ga dapat tempat yang aku mau apalagi dari lamaran ke nikah itu cuman 8 bulan. Sebenarnya sih bisa dimundurin tapi untuk niat yang baik mah kenapa harus lama-lama ye kan?Terus untuk cari venue sebenarnya jauh lebih gampang  kalo udah tau mau nikah indoor atau outdoor. Aku emang udah punya impian untuk nikah outdoor soalnya dari secara dekor bakal jauh lebih oke dan beda sih sama nikahan sodara-sodara aku yang kebanyakan itu indoor. Inti na mah sih beda itu baik . Yaah walaupun rangkaian acara saat nikahan mah sama aja. Oh yaa tanggal dan bulan juga harus diperhatiin banget banget ya, soalnya khawatir lagi musim ujan pas nikah di luar itu riskan banget. 

Next, ini dia list venue yang aku survey dan dapat dari hasil guglingan:

A)  BUMI SAMAMI-Jalan Terusan Cigadung no 15.

Instagram : @bumisamami


Opsi untuk venue nikah di Bandung
Source @bumisamami

Berhubung rumah aku daerah dago, jadi cari yang ga jauh dari rumah. Makannya Bumi Samami jadi pilihan pertama untuk survey. Pas pertama datang itu sebenarnya suka banget sama suasananya. Apalagi rumput-rumputnya bagus banget dan emang cocok banget buat nikahan outdoor gitu. Eh setelah keliling-keliling ternyata di Bumi Samami ada 2 tempat. Yang pertama itu di pinggir kolam renang untuk kapasitas 500an. Buat aku sih dari kapasitas oke karena memang undangannya juga ga banyak sekitar 700 sampai 800 aja. Tapi yang ga bikin sreg adalah lebih gede kolam renangnya daripada space untuk orangnya.  

Nah yang kedua itu yang kayak lapangan bola karena spacenya gede banget cuy. Bisa untuk kapasitas 1000 orang lebih. Tapi ini sayangnya jauh banget dari Budget. Seinget aku di tahun 2018 akhir itu sekitar 30 apa 40 juta yaa. Makannya aku skip deh tempat ini meski udah cinta sama tempat tapi dompet ga cinta nih..


B) HOTEL CLOVE GARDEN- Jalan Awiligar Rata II

Instagram : @clovegardenhotelbandung


opsi venue nikah outdoor di Bandung
source: @clovegardenhotelbandung


Selanjutnya itu Hotel Clove Garden.. Di sini cocok banget buat nikah outdoor dan dari dekor nikah yang pernah dikerjain itu simple tapi tetep oke. Hasilnya mirip venue nikah di film-film luar negeri gitu loh, yang nikahnya ala private wedding. Biasanya sih yang nikah di sini undangannya cuman keluarga dan teman dekat aja. Untuk kapasitas ku lupa deh berapa karena flyer dari hotelnya udah tak buang. Maaf yaa.. Plusnya di tempat ini ada paketan untuk nikah guys. Waktu aku kesana 70jt untuk 200 pax itu udah hampir all package gitu.. Berhubung bapake keukeuh mau undangannya banyak jadi skip lagi. Apalagi tambahan per pax.nya lumayan banget.

C) GALERI CINDE- Jalan Pahlawan no 58. 

Pencarian venue masih berlanjut ke cafe yang biasa juga dipake nikahan namanya Galeri Cinde. Tapi maaf yaa ga ada fotonya karena ga ada IG dan foto hasil survey udah dihapus hehe. Plusnya dari tempat ini adalah kita bakal dapat 2 venue sekaligus guys. Indoor buat gubukan atau mau dipake buat pelaminannya bisa dan outdoor di halaman yang disulap jadi venue juga tuh.. Setelah liat bagian dalamnya aku langsung kurang sreg karena masih jadul banget. Maksudnya jadul tuh bangunan lama yang mungkin yaa udah lama ga diperbaharui atau direnovasi gitu. Terkesan gelap juga karena kurang cahaya sinar matahari padahal aku kesana pas siang hari. Terus langit-langit atau plafonnya pendek ga terlalu tinggi ya buat gubukan atau makan sih masih bisa.. Nah kalo bagian luar itu sebenarnya enak karena ga terlalu panas dan lumayan oke. Sayangnya buat aku halamannya kecil jadi bakal sempit gitu.. Oh ya untuk harga sebenarnya murah waktu itu di bawah 10 juta loh dan kapasitas juga buat 500an lebih masih bisa banget. Cuman ya itu ga sreg sama suasana dalam venuenya. Tapi ini dari point of view aku, siapa tau kalian justru berpikiran lain dan malah cocok sama tempat ini.   

D) HOTEL HOUSE SANGKURIANG- Jalan Sangkuriang no 1,Dago
Instagram : @housesangkuriang



salah satu venue outdoor nikah di Bandung
Source @housesangkuriang


Eitss namanya masih usaha cari yang cocok kan masih lanjut ke Hotel House Sangkuriang. Dari pertama liat venue udah suka banget karena emang dapet indoor dan outdoor. Meskipun bagian indoornya ga besar, tapi lumayan banget bisa buat gubukan. Nah bagian outdoor yang paling aku suka karena pelaminan tepat di pinggir kolam renang jadi kalo yang malam hari bakal lebih oke. Terus ke area bawah hotelnya masih ada untuk gubukan dan area terbuka ada rumput-rumputnya. Plusnya tempat ini ga perlu banyak didekor karena udah instagramble banget. Apalagi harganya masih on budget dibawah 15juta dari jam 1 sampai jam 9 malam serta dapat free kamar untuk stay semalam. Tapi namanya waktu jadi calon penganten pasti banyak pertimbangan kan.. Ya salah satunya adalah kapasitas hanya 500 orang saja. Lebih dari itu bikin 2 sesi. Meskipun kita bisa dapat extra jam untuk akad. Tapi tetap aja dong kita harus bayar katering untuk tambahan jam kerja staff katering dll..


E) MASJID NURUL JAMIL- Jalan Bukit Dago Selatan no 1.

     Pak Suhanda- 08157122027



Yuhuuuu this is the last venue yaitu Masjid Nurul Jamil… Eh MASJID??? ga salah tuh? Nope. Ketika liat masjid ini untuk pertama kali aku langsung ngerasa cocok dan jatuh hati. Udah mikir oke aku mau nikah disini. Jadi masjidnya ada lapangan kayak lapangan bola mini yang biasa dijadikan untuk pelaminan. Nah meski keliatan kecil tapi masih ada space dengan tempat yang berbeda untuk tempat gubukannya. Jadi bener-bener termaksimalkan tempat yang ada untuk dipake. Masjid untuk akad dan halamannya untuk resepsi. Nah yang bikin aku makin yakin itu harganya dibawah 10 juta pas tahun 2018. Lumayan budget lainnya bisa untuk nanti sewa tenda dan panggung.

-VENDOR KATERING DAN DEKORASI

Instagram: @alinea_cateringdecor



Venue outdoor Bandung murah

Venue nikah outdoor di Masjid Bandung
Halaman Masjid jadi tempat nikah outdoor


Review vendor nikahan Bandung
Outdoor wedding in Bandung















This is the important things yang harus dicek berkali-kali, yaitu vendor katering dan dekorasi. Pencarian vendor untuk nikah aku itu ga ribet karena liat vendor alinea @alinea_cateringdecor ini dari instagram teman lalu berlanjut lah follow akunnya untuk liat dekorasi nikahan orang. Eh emang jodoh kali yaa aku liat alinea ini pernah buat nikahan di Masjid Nurul Jamil dan buat aku itu bagus banget banget. Tema rustic jadi pilihan aku buat nikah dengan berbagai dekorasinya yang gak terlalu formal dan banyak yang berbahan dasar kayu menyulap venue yang biasa aja jadi cantik banget.

Udah deal sama vendor kita pasti liat juga paketan yang ada dong. Berhubung aku dulu kerja di Jakarta jadi mau langsung ambil all package aja. Kalaupun hanya ingin kateringnya juga bisa disesuaikan kebutuhan kalian. Siapa tau kalian uda ada vendor musik sendiri atau gimana.
Nah paket yang aku adalah ALINEA II dengan harga dibawah 100 juta saat 2018 lalu yaa. Tapi sayangnya waktu itu aku ga jadi siraman otomatis harga yang aku bayar pasti kurang dari harga paketan itu ya. Apa aja sih yang didapat? Mulai dari katering, dekorasi, musik, makeup, mc, dokumentasi, upacara adat, hingga WO. Serunya lagi banyak gratisannya guys yang bisa didapat dan itu tergantung dari paketan yang diambil yah.

Ngomongin soal dekorasi ada banyak tipe yang bisa dipilih dan karena aku ga suka yang berisik gitu. Maksudnya sih yang ga mencolok alias kalem. Makannya  ku pilih warna coklat. Hal itu juga aku terapin ke warna bunga hidupnya yang dipilih juga yang kalem-kalem.  BTW, pas aku milih buat dekor  itu cuman bisa milih tempat duduk pelaminannya aja gimana. Sisanya aku serahin ke vendor deh. Eh taunya dapat corner photobooth yang bagus banget-banget dan jadi tempat favorit selfie temen-temen aku. Plus plusnya lagi dapat tambahan meja dan kursi kayu kayak di taman jadi berasa lagi piknik malah. Oh yaa dapat 1 pohon palsu sebagai tempat berteduh meja dan kursi kayunya.

Terus untuk jenis gubukannya sih aku cuman pilih 5 apa 6 aja kok. Soalnya ga mau kebanyakan makanan kan orang mah cuman ingin cicip weh terus udah. Jadi mubazir kan. Makannya itung-itung jenis dan jumlah makanan juga penting. 

-UNDANGAN DAN SOUVENIR





review undangan
Percetakan undangan di Jakarta Selatan











Vendor selanjutnya yaitu undangan yes.. Jaman now kartu undangan itu udah ada yang digital tapi berhubung aku anaknya konvesional banget. Jadilah aku tetap cetak undangan. Apalagi tempat percetakan undangan sebenarnya ada di mana-mana ye kan. Tapi biar dekat sama tempat kerja dan memudahkan komunikasi sama pembuat undangannya milih di Pasar Tebet-Jaksel. Nah di tempat ini tuh satu lantai di basement itu isinya percetakan undangan semua guys. Kupikir hanya pasar biasa yang jualan sayuran gitu aja. Taunya sih gak. Serunya lagi ada puluhan toko tempat percetakan kartu, dan setiap toko punya desain yang berbeda dengan keunikan tersendiri. Dari harga juga beraneka macam. Mau yang murah?ada. Mau yang lebih mahal lagi dengan berbagai macam material juga ada. Kalian tinggal mutusin mau tema Setelah muter satu persatu toko yang ada dan tanya-tanya, aku memutuskan di tempat Mas Dwi. Aku pilih karena orangnya enak untuk ngobrol soal kemauan aku dan tentu juga harga dong. Dengan harga murah meriah dapat bahan yang udah bagus dan cocok sama tema rustic. Bahannya mirip kertas daur ulang jadi lebih unik. Oh yaa untuk desainnya aku disaranin cari referensi di freepik.com yaa. Jadi tinggal kirim desain yang kita punya terus kirim via email dan diaplikasiin ke undangan kita.




review pouch sebagai souvenir
Source @guru.souvenir


Nah untuk souvenir itu hal yang personal banget. Karena apapun souvenirnya yang dipilih harus sesuai budget dan kebutuhan. Kalo kayak di Bandung ada di daerah jalan Cibadak untuk berbagai macam souvenir dan harganya juga murah meriah. Tapi kalo aku lebih milih mengutamakan kebutuhan jadi yang bisa dipake. Makannya aku pilih pouch dengan warna-warna coklat di @guru.souvenir. 


Untuk sisanya masih ada part 2. Stay tune, guys. Kalo ada mau ditanyain drop your question di komentar yess

 XOXO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar