Senin, 13 April 2020

2 olahan belut khas minang yang bikin kamu berkata TAMBUO CIEK!!

2 olahan belut khas minang yang bikin kamu berkata TAMBUO CIEK!! 


KALIO BALUIK

























Wohoooo looks so yummy yaaah? Yes kali ini aku bakal cerita lagi makanan yang dipegang sama si cantik Uni Respa dari Uni Solok Selatan (Duta pariwisata Solok Selatan). Kalo kemarin bercerita olahan ayam, sekarang sih dari belut guys.

Nah kenalin dulu sama makanan yang satu ini. Namanya kalio baluik. Baluik kalo dalam bahasa indonesia sih berarti belut. Kalo kalio adalah sebutan dari rendang setengah jadi guys. Maksudnya sih proses pemasakan kalio tuh berada ditengah-tengah antara gulai dan rendang. Jadi kalo rebus belutnya ga lama namanya gulai, kalo dimasak lebih lama lagi bakal jadi rendang. Ga heran deh kalo warnanya tuh masih berwarna kecoklatan.

Untuk bahan masakannya ada yang unik nih! Kalo orang minang menyebutkan daun mangkokan atau biasa dikenal daun mangkuk atau mangkukan. Soalnya bentuk daunnya tuh kayak mangkuk guys, ada cekungannya gitu. Hebatnya daunnya ga mudah robek loh. Makannya ga heran kalo jaman dulu, orang minang biasa menampung makanan pake daun mangkokan. Konon pas penjajahan dulu kalo orang indonesia kan belum punya wadah proper sebagai wadah makanan. Nah biar makanan tetap tersaji rapi, dedaunan pun dipake loh sebagai alas makan. Yuppp benerr salah satunya itu daun mangkokan.


Oh yaa belut yang dipake harus yang sudah dipanggang selama 4 sampe 5 jam. Pokoknya tekstur belut sampe kering dan menggosong gitu. Saking lamanya cara masak kek gini, biasanya sih pada beli aja di pasar. Yess di pasar Solok Selatan-Sumatera Barat banyak banget yang jualan belut panggang. Tujuan dari pemanggangan ini sih biar belut matang sempurna dan tahan lama deh.


Yah emang yaa proses itu ga akan menghianati hasil. *ceilah berasa motivator dah hahaha.. Jadi dari proses masak yang lama, masakan yang dihasilkan jadi lebih MANTULLLL! Mantap betul.



PALAI BALUIK







Yuuppp another main dish that held by Uni Syafina (Duta wisata Solok Selatan) is PALAI BALUIK. Kalo liat dari fotonya pasti udah tau dong masakan apa? Yesss! Pepes!
Biasanya kan pepes terbuat dari ayam atau ikan, tapi di Solok Selatan belut dimasak pepes guys. Gak ketinggalan ciri khas orang minang ada cabenya. Makannya pepes keliatan lebih berwarna tuh. Yaaah emang sih gak ada cabe tuh berasa ada yang kurang gitu hahahah

Oh yaa meski bahan utamanya belut tapi bahannya sama aja kok cuman dibanyakin cabenya aja. Nah selain cabe yang banyak, daun kemangi yang banyak juga ditambahkan sebagai toppingan pepes. Soalnya nih pepes bumbunya minimalis dan rasa rempahnya juga ga terlalu kuat, makannya mengandalkan daun kemangi untuk memperkuat rasa dan aroma tuh.






#FUNFACT Guys,kalo ngomongin soal pepes nih, konon berasal dari daerah jawa barat. Soalnya pisang tumbuh subur di tanah parahyangan makannya daun pisang dimanfaatin oleh ibu jaman dulu untuk ngebungkus makanan. Alhasil makanan jadi lebih awet/dan sedap deh.

PLUSNYA NIH daun pisang bisa ngeluarin aroma khas terbakar atau dikukus. Selain itu  makanan yang dipepes cenderung lebih baik daripada yang digoreng karena lemak jenuh pada makanannya jauh lebih sedikit deh.

Yuhuuuu kalio baluik dan palai baluik siap menggoyang lidah dan bikin kamu tuh berkata TAMBUO CIEK!

Gimana mau cicip masakan dari belut? Cuss ah. Apalagi belut ternyata kaya akan arginin yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Tapi segala sesuatu gak boleh berlebih yes. Secukupnya aja!soalnya mengonsumsi belut terus menerus bisa meningkatkan kolesterol karena kandungan lemaknya yang sangat tinggi.


SEE YOU WITH MY NEXT STORY
XOXO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar