Minggu, 10 Mei 2020

KEINDAHAN AKULTURASI AGAMA DAN BUDAYA LOKAL PADA BATIK BESUREK ASLI BENGKULU

KEINDAHAN AKULTURASI AGAMA DAN BUDAYA LOKAL  PADA BATIK BESUREK ASLI BENGKULU






































Guys, pasti pada tau batik kan? Yaa salah satu warisan dunia ini punya beragam motif dan  keunikannya loh. Tergantung  batik itu berasal dari daerah mana. Contohnya nih guys ada dari Provinsi Bengkulu. Bengkulu  punya batik bermotif besurek. Uniknya nih batik  bermotifkan huruf arab gundul.  Nah kata besurek itu merupakan bahasa Bengkulu yang berasal dari kata “be”. Kalo dalam bahasa Indonesia sih “ber”. Sedangkan kata surek itu dalam bahasa Indonesianya berarti surat atau tulisan.

Intinya sih besurek adalah bersurat atau bertuliskan. Surat itu pasti ada judul, isi, makna dan penutup kan yaa. Makanya ga mungkin batik ini dibawa atau dipake ke sembarang tempat. Ga heran kalo motif ini awalnya hanya bisa dipake ke pemakaman sebagai penutup keranda atau saat pernikahan saja. Karena acara itulah doa-doa dipanjatkan kepada Tuhan. Oleh karena itu dibuatlah motif huruf arab gundul guys. Jadi bisa dipake kemana saja dan kapan saja.

FYI, motif batik di Bengkulu itu awalnya hanya berupa gambar tanaman tepatnya raflesia arnoldi itu loh guys. Namun  diabad ke 16, pedagang Arab dan India membawa agama Islam ke Bengkulu justru mempengaruhi motif batik tuh. Terus  munculah motif berupa ukiran rajah atau mantra dalam huruf arab pada saat itu.  

Bahkan tidak sedikit yang mengatakan kalo Sentot Alibasyah sebagai panglima perang Diponegoro turut mempengaruhi batik besurek. Soalnya nih sebagian pengikutnya yang itu berasal dari tanah Jawa  yang pekerjaannya saat itu adalah pengrajin batik.  


BTW, di zaman dulu tidak semua orang bisa memakai kain bermotif besurek. Hanya raja atau tokoh adat aja yang bisa pake.  Seiring berjalannya waktu,  batik besurek udah diperbolehkan dipakai siapapun.

Nah untungnya di Bengkulu batik besurek ini mulai diminati masyarakat. Kalo untuk melestarikannya pemerintah Provinsi Bengkulu mengharuskan seragam batik pns dan seragam batik anak sekolah menggunakan motif besurek.

Sayangnya pengrajin motif besurek sudah mulai berkurang. Tadinya dalam satu kawasan bisa ratusan sekarang sih paling banyak belasan bahkan ada yang tinggal beberapa orang saja.  Tapi ada nih salah satu pengrajin dan toko yang masih bertahan sejak tahun 1999. Tepatnya sih di Jalan Fatmawati Kecamatan Penurunan.

Oh yaa ada yang tau cara membuat batik?terutama batik tulis? Yaa prosesnya sih gak terlalu ribet guys, cuman harus teliti dan  detail banget. Makannya proses pembuatan batik tulis lama banget.




























Proses diawali dengan proses pembuatan pola dulu yah. Untuk polanya sih setiap pengrajin punya pola nya masing-masing. Lalu kertas yang udah berpola itu ditaruh di bawah kain putih. Kemudian tinggal salin  aja deh polanya.  Gampang kan? Eisst tapi tetep dong harus hati-hati. Supaya hasil jadinya sama dengan pola asli. Jangan tiba-tiba gambar bunga atau motifnya itu dengan ukuran yang lebih kecil yah.  

Selanjutnya nih membubuhkan  lilin berwarna pada pola yang sudah dibatik dengan canting. Serunya dalam proses yang satu ini butuh kreativitas dan imajinasi. Karena akan berpengaruh  pada hasil akhir kain batiknya loh. Wah ga nyangka yaaa para pengrajin ini harus kreatif terus tuh supaya batiknya bagusss.

Terakhir tinggal warnain aja deh. Tapi berhubung proses pencelupan warna cuman dilakukan dua minggu sekali. Jadi aku sendiri ga ada dokumentasinya yaa guys. Hehehe











Yess this is it! Baju batik yang gayanya oke abis. Looks so beautiful rite?Oh yaa kalo mau beli batik tulis besurek dibandrol paling murah itu 500 ribu guys. Harga yang cukup mahal tapi  oke punya. Batik tulis yang dibuat oleh tangan pengrajin menghasilkan motif dan kualitas yang jauh bagus dibandingkan batik cetak.


Gimana?mulai tertarik pake batik juga kah? Cusss. Dengan cara memakai dan membeli barang kerajinan Indonesia bisa melestarikan budaya Indonesia guys.

See you at my next story! XOXO

2 komentar:

  1. Batik emang unik, dan skg malah dibeberapa kantor qda hari wajib pakai batik, tapi memang membuat batik kalo setelah baca ini cukup butuh keahlian hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kalo bikin batik harus telaten kalo ndak ya ambyar hahaha

      Hapus