Kamis, 16 April 2020

YANG MENARIK HATI DI SEKOLAH LASKAR PELANGI

YANG MENARIK HATI DI SEKOLAH LASKAR PELANGI  


SEKOLAH LASKAR PELANGI



Wisata Belitung



wisata di Belitung Timur




Hayooo kalo liat dari fotonya sihh, aku yakin pasti kalian langsung inget sama film laskar pelangi yang dirilis tahun 2008 kan ya? Yaak inilah replika SD Muhamadiyah. Tempatnya sih sekitar dua jam dari kotanya belitung guys, tepatnya sih di Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur-Bangka Belitung.

Oh yaa berawal dari tempat syuting, replika sekolah ini justru jadi salah satu destinasi wisata andalan Beltim (Belitung Timur) loh. Soalnya masih banyak banget pengunjung yang penasaran sama sekolah ini. Terus untuk tiketnya cukup 5 ribu rupiah aja. Tuh murah meriah kan buat dapetin foto yang instagramable banget! Lumayan banget buat nambahin stok foto di media sosial hehhee.
Eitss meski namanya replika, tapi bangunan ini benar-benar dibuat sedetail mungkin dengan sekolah asli SD Muhammadiyahnya. Lengkap dengan pasir pantainya yang putih lagi. Makin seru deh menjelajah tempat satu ini.  

#FUNFACT Kondisi replika sekolah yang dipake syuting sebenarnya udah mulai hancur dan akhirnya dipugar tahun 2011 lalu. Tentu aja bangunan sekolahnya pun dibuat tetap reot ya supaya bentuk keaslinya tuh tetap terjaga. Tapi yang paling penting adalah pesan dari sekolah ini adalah untuk tetap mengingkatkan kita agar semangat belajar tidak pudar meski dalam keadaan apapun.  
Yess aku aja pas nginjakin kelas itu ga nyaman banget. Ga kebayang kan ampe sekarang emang masih ada anak-anak yang harus belajar dengan kondisi kelas yang mengkhawatirkan. Tapi mereka masih semangat untuk masuk sekolah.
Nah makannya buat aku tuh jalan-jalan ke berbagai tempat wisata gak melulu harus ke tempat yang enak-enak. Tapi juga tempat yang bisa mengingatkan kita untuk menjadi orang yang lebih baik.



          NEXT MASIH TEMPAT WISATA YANG BISA NAMBAH PENGETAHUAN SOAL KARYA SASTRA


MUSEUM KATA








Gimana? Bagus kaan? Yes tempat ini tuh masih di belitung timur dan ga jauh dari sekolah laskar pelangi. Namanya MUSEUM KATA.

Museum kata didirikan tahun 2012 oleh sang penulis novel laskar pelangi yaitu Andrea Hirata. Serunya nih suasana yang dihadirkan untuk setiap tempat tuh beda-beda.  
Tapi tetap dong kuat unsur karya sastranya dengan media yang beda pula. Ada yang berupa tulisan, buku, foto, lukisan, atau bahkan properti yang memenuhi ruangan.
Kerennya nih tempat ini menjadi museum literatur pertama di indonesia loh. Dengan menampung lebih dari 200 literatur dari berbagai genre, baik dari lokal ataupun luar negeri yang bisa dinikmati dan terpampang di seluruh bangunan. Yah emang harapannya sih pengunjung bisa dapat makin mencintai karya sastra.










 



Ga cuman display karya sastra aja tapi juga ada banyak kegiatan yang diselenggarkan. Tapi sayang sih udah kesorean jadi ga sempet untuk cobain kegiatan yang ada.Tuh dari begitu banyak pengalaman yang ditawarkan tempat ini, tiket masukknya justru dibandrol murah meriah. Harga tiketnya dibawah 5ribu rupiah aja. Sedangkan jam bukanya dari 09.30-17.00.



PANTAI TANJUNG TINGGI














Wooowww cantik banget kan? tempatnya loh maksudnya bukan aku hehehe

Yess kenalin nih Pantai Tanjung Tinggi namanya. Tempat ini adalah salah satu tempat syuting Laskar Pelangi guys. Jadi ga hanya di daerah Belitung Timur aja yaah. Pantai ini berada 45 menit dari Tanjung Pandan. Yang unik dari pantai ini adalah batu granit yang menjulang tinggi disepanjang bibir pantai. Apalagi keindahan air laut biru, pantai berpasir putih, dan ombak yang tenang bikin wisatawan betah berlama-lama untuk stay di tempat ini.Serunya kita tidak dipungut biaya loh kalo ke kawasan wisata pantai. Cukup membayar parkir kendaraan aja. Wisata murah meriah tapi pemandangan ga murahan. Hehehe


#FUNFACT Nama Tanjung Tinggi sendiri berasal dari dua kata yaitu Tanjung berarti semenanjung dan Tinggi berarti pantai yang memiliki bebatuan tinggi.
Gimana perjalanan kita kali ini nih??Seru?Atau malah jadi ingin berlibur ke Belitung?

SEE YOU ON NEXT STORY
XOXO 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar