Jumat, 10 April 2020

LAMAK BANA!! 2 OLAHAN AYAM KHAS MINANG YANG BIKIN KETAGIHAN

LAMAK BANA!! 2 OLAHAN AYAM KHAS MINANG YANG BIKIN KETAGIHAN


Hellow Yellow guys, Bulan Juli 2019 kemaren aku travelling sekalian kerja ke Nagari Sulit Air di Kabupaten Solok-Sumatera Barat. Hmmm pasti udah kebayang dong makanannya bercita rasa rempah-rempah.  Yess Apalagi masakan minang tuh banyak buangeeet jenisnya kan. Tapi kali ini aku bakal bercerita mengenai ayam singgang dan ayam gulai hitam aja..
 Woaahhhh okay so lets get started guys!!!


AYAM SINGGANG





Udah tau dong makanan apaa nih ???


Yess ayam singgang! Ayam singgang itu ayam panggang guys. Kata SINGGANG kalo dalam bahasa indonesia berarti panggang. Nah masakan ini punya perpaduan antara rasa pedas dan gurihnya santan asli. Yah emang semua masakan minang sih pasti ada rasa pedas atau bersantan. EITSS tapi uniknya setiap makanan punya ciri khas masing-masing loh.


FYI nih guys, ayam singgang ini awalnya cuman ada pas hari besar aja loh. Kayak jamuan makan atau hajatan gitu kalo gak di pesta perkawinan juga ada. Soalnya dulu itu orang Sumatera Barat biasa motong ayam peliharannya sendiri kalo mau ada hajat atau pesta aja.. Ga heran kan si ayam singgang ini jadi salah satu makanan istimewa. Eitsss tapi ga usah khawatir sih kalo sekarang mah udah beda banget.. Ayam singgang tuh udah jadi lauk dan selalu ada kalo kita makan di rumah makan Padang.


Oh yaa aslinya ayam singgang tuh pake ayam kampung. Cuman karena harga ayam kampung itu muahal makannya pada beralih ke ayam negeri yang harganya udah pasti  murah meriah.. Padahal ayam kampung rasanya jauh lebih endulss dan gurih. Apalagi ayam kampung memiliki kandungan rendah lemak dan rendah kolesterol. Makin sehat deh jadinya. Tapi yaa bisa jadi dompet jadi ga sehat kalo makan ayam kampung muluuu heheheh

BTW apa sih yang bikin ayam singgang tuh rasanya rempah banget?? Yaak jawabannya adalah 2x pemasakan dengan bumbu guys. Jadi bumbu merah yang puedesss untuk ungkep ayam itu dipake juga sebagai bumbu untuk mengolesi  ayam pas lagi dibakar. Selain itu, proses ungkep dan bakar bisa berjam-jam. Makannya bumbu bisa meresap sempurna sampe ke daging ayamnya.  


#FUNFACT Rempah-rempah ga cuman berfungsi sebagai bumbu atau pewarna alami makanan aja. Tapi bisa menyehatkan tubuh. Soalnya rempah punya sifat ANTIMIKROORGANISME yang memiliki senyawa untuk menghambat pertumbuhan mikroba panthogen maupun bakteri pembusuk. Makannya makanan minang itu ga mudah basi guys. Yah meskipun di taruh disuhu ruangan.

Hayoo yang udah tau ada makanan padang punya sejuta manfaat  jangan bikin khilaf sampe kebablasan keleuussss.. Soalnya bisa-bisa nih kolesterol datang kalo makan kebanyakan. Baiknya sih makan sama 1 macam lauk aja terus pilihan sayuran rebus. Jangan yang santan semua okeeh

NEXT..............



AYAM GULAI HITAM









Yes this is it. Ayam gulai hitam yang cuman ada di Nagari Sulit Air. Meski warnanya item legam tapi yaa namanya masakan minang sih tetap dominan sama rempah dan santannya. Jadi dijamin aman. Eh yaa warna hitam pada gulai ayam itu bukan dari tinta cumi atau arang guys, tapi berasal dari biji-bijian. Tepatnya sih dari Pohon Galundi.


Cuman sayang banget sih aku ga sempet fotoin pohonnya sama bentuk bijinya kek apa. Tapi gampangnya sih bijinya itu mirip ketumbar tapi warna item dan dari segi ukuran sih gedean biji galundi. Jaman dulu biji galundi diramu jadi jamu yang katanya sih bisa untuk menyembuhkan penyakit. Berhubung jaman makin modern dan udah banyak obat yang beredar, biji galundi sekarang sih dijadiin bumbu masakan aja. tujuannya sih biar  tetap melestarikan budaya setempat.


Tapi ga setiap saat ayam gulai hitam ada yess. Soalnya proses pembuatan biji galundi jadi bubuk pewarna hitam alami tuh butuh waktu berhari-hari. Yaa seengganya bisa lebih dari seminggu.


Duhhh lamaaa amaat yaak..Eitsss jangan protes dulu. Prosesnya aja panjang sih. Awalnya biji galundi yang baru dipetik harus dijemur selama beberapa hari. Bijinya harus benar-benar kering dan sampai berwarna kecoklatan bahkan kehitaman guys. Kalo udah kering sempurna, biji galundi ditumbuk sampai jadi bubuk. Terus disangrai deh selama 45 menit sampai satu jam. Taraaaaaaa bubuk biji galundi siap dicampur ke gulai ayam khas minang sebagai pewarna makanan alami.


Eitss supaya makin semangat makannya, ada selada ala minang sebagai teman makan ayam gulai hitam guys. Rasa asem dari cuka, pedas dari cabe, dan sayuran yang segeerr tuh bikin nambah dah. DIjamin LAMAK BANA!!


























#FUNFACT Aneka rempah-rempah yang digunakan dalam aneka masakan itu terpengaruh dari India dan Arab pas mereka singgah di Indonesia loh. Tapi tetep dong semuanya disesuain lagi sama lidah orang Indonesia. Bahkan dimodifikasi jadi makanan khas setempat. 


Yuhuu gimana??? Udah kepikiran mau makan apa di rumah makan padang???heheh

Olrait, wait for my next story yaa.. XOXO



Tidak ada komentar:

Posting Komentar